Minggu, 01 Mei 2016

Copywriting

Kali ini saya belajar copywriting dari sebuah foto. Ada enam foto yang bisa dipilih, dan saya memilih foto orang utan. Mengapa? Karena saat ini, mata kuliah perancangan saya bertema lingkungan, sehingga apapun yang berbau lingkungan yang saya temui akhir-akhir ini akan lebih mendapat perhatian dari saya. Yap, mari kita skip basa-basinya.

Copywriting adalah konten tertulis yang digunakan untuk keperluan iklan atau pemasaran. Penulisan semacam ini seringkali digunakan untuk membujuk seseorang atau sekelompok orang dan juga untuk meningkatkan kesadaran atas suatu brand. (Wikipedia)

Image source: http://nationalgeographic.org/projects/photo-ark/get-involved

Foto di atas adalah foto yang saya pilih. Yang pertamakali ada di benak saya ketika melihat gambar ini adalah perusakan lingkungan hutan akibat pembukaan lahan baru yang dilakukan sewenang-wenang oleh pihak pengembang, dengan cara membakar hutan beserta hewan-hewan penghuninya dan membantai orang utan beserta penghuni hutan lain hingga berkurangnya jumlah populasi mereka dan terancam punah.


 "Our evolution is not as dumb as you"


Evolusi kami tidak sebodoh kalian.
Disini saya mengambil perspektif dari dua orang utan di foto yang ekspresinya terlihat seperti sedang bersedih kehilangan keluarganya, si anak orang utan memeluk ibunya seakan tidak mau kehilangan keluarganya lagi. Manusia yang selama ini membanggakan kepintarannya, mengaku-ngaku bahwa mereka evolusi dari kera. Namun pada kenyataannya, manusia-manusia ini jauh lebih bodoh bahkan jika dibandingkan dengan kera-kera di topeng monyet jalanan. Sehingga mereka tidak pantas disebut evolusi dari kera, yang mana kera adalah salah satu hewan tercerdas di bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar